Fatimah12's Weblog
Just another WordPress.com weblog

“ Siapakah lelaki itu..?”

 

 

 

Pada suatu hari aku mengadakan perjalanan menuju Mekkah. Tatkala sampai disuatu tempat, aku melihat seorang pemuda yang berwajah tampan menjauhkan diri dari khafilah. Aku bergumam dalam hati , “ Pasti pemuda itu seorang sufi dan hendak ikut bersama kafilah, tetapi karena tidak memiliki bekal, dia berjalan dibelakang kafilah, sekarang aku akan menemui dan menegurnya, mungkin dia menjadi sadar.”

 

 

Setelah aku mendekat dgn pemuda itu, ia memandangku dan berkata : “ Wahai syafiq.., jauhilah kebanyakan prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa. Yakni hindarilah dirimu dari banyak berprasangka terhadap muslimin dan sesungguhnya sebagian dari prasangka itu adalah dosa.”

 

 

Setelah mengucapkan ini ia lenyap dari pandanganku. Aku bergumam, “ Pemuda itu mengenal namaku dan mengungkapkan apa yang ada dalam hatiku, pasti dia seorang yang shaleh “. Aku mencarinya kesana-kemari tetapi tidak menemukan jejaknya. Sampai pada perhentian berikutnya, aku melihat pemuda itu melakukan shalat dengan penuh khusyuk dan meneteskan air mata.. Aku bergumam dalam hati “ Kini aku akan menemui dan meminta maaf padanya “

 

 

Aku duduk menunggu sampai pemuda itu selesai melaksanakan shalat, lalu aku menghampirinya. Sebelum aku berbicara ia telah terlebih dahulu berkata : “ Wahai Syafiq…, Allah SWT berfirman : Dan sesungguhnya AKU maha pengampun bagi orang yang bertobat, beriman, dan beramal shaleh…” Yakni aku telah memaafkan seseorang yang telah bertobat, beriman dan berbuat baik.

 

Kemudian pemuda itu berdiri dan pergi, aku bergumam dalam hati “ Pasti dia adalah salah satu Wali(kekasih)Allah, kali ini ia juga tahu apa yang ada dalam batinku..”

 

Kemudian, tatkala aku sampai diperhentian berikutnya, aku melihat pemuda itu tengah berada disisi sumur dengan memegang bejana dan hendak mengambil air dari sumur. Tiba-tiba bejananya terlepas dari tangannya dan masuk kedalam sumur.

 

Ia segera memandang kelangit dan berkata, “ Ya Allah…Engkau yang melepaskan dahagaku setiap kali aku kehausan, dan Engkau yang mengenyangkanku setiap kali aku kelaparan. Ya Allah…aku tidak memiliki bejana lain selain itu..”

 

Seketika itu pula aku melihat air sumur naik ke permukaan, sampai tangannya dapat menyentuh  permukaan air. Dia lalu megambil bejananya dan memenuhinya  dengan air, lalu berwudhu  dan melaksanakan shalat empat rakaat. Aku menghampirinya dan memberi salam, dan ia menjawab salamku dan berkata, “ Engkau harus benar-benar ikhlas dan membenahi keyakinanmu kepada Tuhanmu.”

 

Dia meminum sebagian air yang ada dalam bejana lalu memberikan bejana tersebut kepadaku dan aku minum darinya. Sepanjang hidupku, aku tidak pernah minum air senikmat dan sesegar itu. Aku merasa puas dan selama berhari-hari aku tidak merasa haus serta tidak membutuhkan air minum. Sejak pertemuan itu aku tidak lagi melihatya, hingga aku tiba diMekah. Dan pada suatu hari aku melihatnya sedang melakukan thawaf dan keluar dari Masjidil Haram, aku bertanya pada seseorang yang ada disitu, “ Siapakah lelaki itu..?” ia menjawab, “ Apakah engkau tidak mengenalnya ? lelaki agung itu adalah Musa Bin Ja’far. “

 

 

____________________________________

 

Pemuda tersebut adalah Imam Musa Al-Khazhim Bin Ja’far shadiq Bin Muhammad Baqir Bin Ali Zainal Abidhin Bin Husein Bin Fatimah Zahra Binti Rosulullah Saww.

 

آللّهُمَ صَلّیۓِ ۈسَلّمْ عَلۓِ سَيّدنَآ مُحَمّدْ وَ عَلۓِ آلِ سَيّدنَآ مُحَمَّدٍ

Belum Ada Tanggapan to ““ Siapakah lelaki itu..?””

Tinggalkan Balasan

