Fatimah12's Weblog
Just another WordPress.com weblog

” Salah satu Sahabat Imam.”

 

Maitsam at-Tammar telah mencapai derajat yang sangat tinggi dengan keistiqomahannya. Meskipun dia seorang buta huruf yang tidak mengetahui baca dan tulis dan pada permulaan hidupnya dia adalah seorang budak yang kemudian dibebaskan, namun dengan usaha yang sungguh-sungguh dia mampu menyertai Amiril Mukminin Ali Bin Abi THalib a.s, baik ketika berdiri maupun duduknya.

 

Maitsam at-Tammar telah mencapai derajat sebagai sahabat yang sangat dekat dengan Amiril Mukminin. Ini bukan suatu yang ringan karena hal ini memerlukan potensi dan kemampuan. Amiril Mukminin a.s berkata : “….sesungguhnya disini terdapat ilmu yang banyak sekali(sambil beliau memberi isyarat kepada dadanya) akan tetapi para pencarinya sangat sedikit sekali. Ketika aku telah tiada engkau akan menyesal karena sedikitnya.”

 

Mungkin orang yang telah mengunjungi Amiril Mukminin as telah mencapai berjuta-juta orang, akan tetapi tidak ada seorangpun diantara mereka yang telah mencapai apa yang telah dicapai oleh Maitsam at-Tammar. Karena Maitsam at-Tammar telah menjadi salah satu diantara sahabat-sahabat terdekat Imam Ali a.s.

 

Maitsam berkata kepada Ibn Ziyad pada saat penangkapannya, “ Imam Ali telah berkata bahwa engkau akan memotong lidahku setelah engkau menggantungku ditempat yang tinggi.”

 

Ubaidilah bin Ziyad berkata, “ Aku akan menggantungmu namun aku tidak akan memotong lidahmu, sehingga aku bisa mendustakan perkataan Tuanmu, Imam Ali “

 

Maka diambilah tambang dan kemudian Maitsam diikat dengan kuat. Selanjutnya dia dikerek ke atas, dan dibiarkan tergantung diantara langit dan bumi. Bagi Maitsam keadaan itu cukup menguntungkan . Dia menjadikan keadaan dirinya yang tergantung sebagai mimbar. Maka mulailah dia menceritakan keutamaan-keutamaan Amiril Mukminin kepada masyarakat.

 

Kemudia Maitsam berkata : “ Wahai manusia…sesungguhnya aku mengetahui ilmu yang telah lalu, ilmu yang akan dating,  dan ilmu yang sedang terjadi. Maka bersegeralah datang kepadaku supaya aku memberitahukanmu.” Kemudian dia menambahkan , “ Ilmu pengetahuan yang aku miliki  semuanya berasal dari Ali Bin Abi Thalib a.s, si pintu kota Ilmu Rosulullah saww. Dia telah mengajarkannya kepadaku, karena aku adalah sahabat rahasianya, Salam Allah  atasnya “

 

Perkataan Maitsam ini membuat orang2 bertanya-tanya dan  berkumpul disekitarnya , sementara dia dalam keadaan tergantung . Maka sampailah berita itu kepada Ibn Ziyad. Mendengar itu Ibn Ziyad merasa takut orang-orang akan bangkit memberontak melawannya dan merusak istananya. Lalu diapun memerintahkan para pengawalnya untuk memotong lidah Maitsam at-Tammar.

 

Tiga hari kemudian datanglah seseorang ketempat siksaan, orang itu mengatakan , “ Wahai Maitsam , aku mengetahui perjuanganmu sementara orang lain tidur dan aku mengetahui keistimewaanmu adalah semata-mata karena Allah. Akan tetapi supaya Ibn Ziyad senang maka aku akan membunuhmu.” Maka laki-laki itupun menancapkan tombak ketubuh Maitsam, sehingga dengan begitu Maitsam menemui kesyahidannya. ALFATIHAH…

 

Belum Ada Tanggapan to “” Salah satu Sahabat Imam.””

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: