Fatimah12's Weblog
Just another WordPress.com weblog

” Kondisinya yang lalu… jauh lebih baik baginya.”

Kemiskinan Sa’ad (salah seorang sahabat Rosulullah Saww) memaksa dirinya senantiasa berada pada baris kedua shalat jama’ah bersama Rosulullah Saww.

 

Berulang kali dia menyampaikan keadaannya kepada Rosulullah Saww dan beliau Saww menjanjikan kepadanya bahwa suatu hari nanti Allah akan mencukupinya. Saat itu Jibril  a.s datang menemui Rosulullah Saww dengan membawa dirham(mata uang kali itu) dan berjata Allah berfriman, ‘Kami mengetahui kesedihanmu atas kemiskinan Sa’ad jika engkau menginginkan agar dia terbebas dari kondisi tersebut, berikanlah kepadanya dua dirham untuk dipergunakan jual beli.”

 

Rosulullah Saww mengambil dua dirham itu dan tatkala beliau keluar dari rumah hendak melaksanakan shalat Zuhur beliau Saww melihat Sa’ad tengah berdiri pad salah satu pintu masjid.

 

Rosulullah Saww bertanya, “ Apakah engkau dapat berjual-beli(berdagang) ?”

Sa’ad menjawab, “ Demi Allah…saya tiudak memiliki modal.”

Rosulullah Saww memberikan kepadanya dua dirham itu dan berkata, “ Jadikanlah sebagai modalmu dan lakukanlah jual beli.”

Sa’ad mengambil uang tersebut lalu masuk kedalam mesjid dan setelah menunaikan shalat Zuhur dan Ashar, dia sibuk mencari rezeki.

 

Kemudian ketika usahanya semakin besar, tatkala Bilal telah mengumnandangkan azan dia tidak segera bersiap-siap untuk melaksanakan shalat. Sedangkan sebelumnya dia biasa bersiap-siap sebelum azan dikumandangkan.

 

Rosulullah Saww bersabda : “ Wahai Sa’ad engkau telah disibukkan (oleh) urusan dunia, dan menghalangimu dari menunaikan ibadah.”

Sa’ad menjawab, “ Apa yang harus saya lakukan, jika saya tinggalkan begitu saja maka akan mengalami kerugian. Saya berusaha menjual barang-barang ini dan menerima uangnya, lalu saya perbunakan itu untuk membeli barang lain.”

 

Rosulullah Saww merasa sedih saat menyaksikan keterikatan pada harta kekayaannya yang menghalanginya untuk melaksanakan ibadah. Lalu Jibril datang menemui Nabi Saww dan berkata “ Allah SWT berfirman , “ Kami mengetahui kesedihanmu; manakah kondisi Sa’ad yang lebih kau sukai ?”

Rosulullah Saww menjawab, “ Kondisinya yang lalu jauh lebih baik baginya.”

Jibril a.s berkata : “ Benar…cendrung pad dunia membuat manusia lalai akan akhirat. Sekarang mintalah kembali dua dirham yang pernah engkau berikan padanya.”

 

Kemudian Rosulullah Saww menemui Sa’ad dan berkata, “ Tidaklah engkau akan mengembalikan dua dirham yang aku pernah berikan kepdamu ?”

Sa’ad menjawab , “ Perkenankanlah aku memberi engkau lima puluh dirham “

Rosulullah Saww menjawab : “ Tidak…berikanlah dua dirham yang telah engkau pergunakan.”

 

Kemudian Sa’ad memberikan dua dirham kepada Rosulullah Saww. Tetapi setelah itu Sa’ad selalu mengalami kerugian. Tak lama waktu berselang setelah itu. Kondisnya kembali sebagaimana semula. Dan dia kembali menjalankan shalat lima waktu dengan berjamaah bersama Muslimin.

Belum Ada Tanggapan to “” Kondisinya yang lalu… jauh lebih baik baginya.””

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: