Fatimah12's Weblog
Just another WordPress.com weblog

” Keharusan menjaga Amanat “

 

 

 

Abdhurahman bin Sababah menceritakan :  “ Ketika ayahku meninggal dunia, kami berada didalam kehidupan yang sempit. Lalu salah seorang dari teman ayahku meminjamkan sejumlah uang kepadaku. Dengan uang pinjman itu aku sibuk melakukan perniagaan, dan aku dapat mengembalikan uang pinjaman itu melalui jalan yang halal.

 

“ Sedikit-demi sedikit aku dapat mengumpulkan sejumlah uang, sehingga dengan uang itu aku dapat menunaikan ibadah haji. Di Madinah aku berkunjung kepada Imam Ja’far Shadiq a.s, lalu…

 

Imam berkata , “ Bagaimana kabar ayahmu ?”

aku menjawab : “ Inna lillahi wa inna ilahi roji’un (Seungguhnya kita kepunyaan Allah  dan sesungguhnya hanya kepada-NYA lah kita kembali). Ayahku telah meninggal dunia.”

Lalu Imam bertanya lagi : “ Bagaimana engkau bisa sampai kesini ?”

maka akupun menjelaskan  kisahnya kepada beliau a.s, yaitu bahwa aku telah meminjam uang  dan kemudian dengan uang pinjaman itu aku melakukan perniagaan.

 

Ketika Imam Ja’far mendengar kisahnya, maka beliaupun bertanya lagi , “ Apa yang telah engkau lakukan terhadap uang orang ?”

aku menjawab , “ Wahai putra Rosulallah…aku telah menunaikan hutang dan amanat orang dan setelah itu baru aku datang kehadapan anda “

 

Mendengar itu Imam Ja’far shadiq a.s pun sangat gembira  dan berkata kepadaku “ Engkau harus berkata benar dan menunaikan amanat.”  Artinya, engkau harus memperhatikan dua perkara :

  1. Jadilah orang yang jujur dan lurus didalam pekerjaanmu. Karena jika seseorang mempunyai kejujuran maka dia akan terhormat ditengah masyarakat.
  2. Berhati-hatilah untuk senantiasa menunaikan amanat manusia.

 

 

Terdapat sebuah riwayat dari Imam Ali Zainal Abidin a.s, yang kandungannya berbunyi, “ Jika mereka meletakkan sebuah amanat kepadaku berupa pisau yang telah digunakan untuk memotong leher ayahku, maka niscaya aku akan mengembalikan pisau itu pada pemiliknya “

 

 

 

* Pengertian ‘Amanat’ disini luas, tidak mesti berupa uang, bisa berupa pekerjaan atau apapun yg mengemban tanggung jawab atau amanah untuk menjaga/menjalankannya.

Belum Ada Tanggapan to “” Keharusan menjaga Amanat “”

Tinggalkan Balasan

