Fatimah12's Weblog
Just another WordPress.com weblog

” Engkau tidak mengenalnya…”

 

Imam Ja’far berkata, “ Pada suatu hari Nabi Musa melewati salah seorang pengikutnya yang sedang bersujud. Setelah menyelesaikan urusannya, Nabi Musa a.s kembali ketempat itu dan melihat orang itu masih dalam keadaan bersujud. Beliau a.s berkata pada orang itu, seandainya hajatmu ada ditangaku, niscaya aku sudah mengabulkannya.’

 

Perkataan Nabi Musa a.s itu mendapat jawaban dari Allah, “ Seandainya lehernya terputus karena banyaknya bersujud. AKU tetap tak akan menerimanya, kecuali dia bersihkan terlebih dahulu hatinya. Dia harus mencintai apa yang Kucintai dan membenci apa yang tidak AKU sukai “

 

Imam Ja’far Shadiq a.s berkata, “ Seorang hamba dari Bani Israil selama tiga tahun memohon kepada Allah agar menganugrahkannya seorang anak laki-laki. Namun doanya tak pernah dikabulkan. Suatu hari, disela-sela munajatnya, dia berkata, ‘ Wahai Tuhanku, apakah aku jauh dari-MU sehingga ENGKAU tak mendengarku ataukah aku dekat(kepada-MU) maka ENGKAU tak mengabulkan(permohonanku) ?”

 

Dalam tidurnya ia mendapat jawaban, “ Selama tiga tahun engkau memanggil Tuhanmu dengan lisan yang biasa kau gunakan untuk berkata kotor serta hati yang ternodai dengan kezaliman dan niat bohong. Bila ingin doamu dikabulkan, tinggalkanlah perkataan kotor dan takutlah kepada ALLAH. Bersihkanlah hatimu dari noda dan perbaikilah niatmu “

 

Imam Ja’far berkata, “ Bila manusia tidak memenuhi syarat doa, janganlah berharap doanya dikabulkan. Karena Allah mengetahui apa yang ada dalam diri kita dan sesuatu yang paling tersembunyi dari diri kita. Betapa banyak Allah memberikan sesuatu yang bertentangan dengan apa yang kau mohon. Ketahuilah, seandainya Allah tidak memerintahkan kita berdoa, lalu kita berdoa pada-NYA dengan tulus, maka berkat rahmat-NYA, doa kita akan ditrima. Sekarang, apakah dapat dikatakan bahwa Allah yang telah menjamin terkabulnya doa mereka yang berdoa dengan syarat-syarat itu tidak mengabulkan doanya.?”

 

Imam menambahkan, “ Apabila kau memenuhi syarat-syarat yang kukatakan dan berdoa dengan tulus, aku akan memberimu salah satu dari tiga kabar gembira ini :

  1. Engkau akan memperoleh apa yang engkau inginkan.
  2. Simpanan akhiratmu akan lebih banyak dari apa yang engkau inginkan.
  3. Atau Allah akan mengalihkan musibah darimu yang bila menimpamu akan membinasakanmu

 

Beliau mengatakan bahwa ketika membaca ayat  : Atau siapakah yang memperkenankan doa orang yang dalam kesulitan apabila dia berdoa kepada-NYA(Al-Naml: 62) beliau ditanya, “ Mengapa doa kami tidak ditrima ?”

Imam menjawab : “ Karena kalian menyeru kepada yang kalian ‘tidak kenal’ dan kalian menginginkan sesuatu yang tak kalian ketahui.”

Belum Ada Tanggapan to “” Engkau tidak mengenalnya…””

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: