Fatimah12's Weblog
Just another WordPress.com weblog

” Tabungan Dosa..”

“ pelaku kebaikan lebih baik dr kebaikan itu sendiri, begitupun pelaku keburukan lebih buruk dr keburukan itu sendiri “ Imam Ali bin Abi Thalib a.s

Jangan pernah kita meremehkan hal berupa kebaikan walau sekecil apapun itu, karena mungkin saja hal itu yg akan menuntun langkah kita menuju syurga. Justru kita jgn terlalu berharap bahwa amal2 kita yg kita telah ‘anggap’ besar dan bernilai, malah itu tiada artinya, bagi Allah. Krn disitu terdapat riya dan ujub. Yg pasti itu dilakukan bukan krn Allah, jd tertolaklah amal tersebut.

Begitupun jangan pernah menganggap remeh perbuatan ‘jelek’ walau sekecil apapun krn mungkin hal itu yg akan menuntun kita keneraka. Dan mungkin juga disitu terdapat ‘Murka Allah’. Imam Ali a.s mengatakan “ Jangan memandang kecil dosa, tapi pandanglah kepada siapa anda berbuat dosa”.

Jangan pernah kita menganggap sepele hal2 kecil berupa kebaikan seperti menulis ” kata2 bijaksana” atau ‘”hadist” dr Rosulullah Saww berserta keluarganya. Atau catatan2 berupa cerita atau pengetahuan. Karena apa …?! ‘mungkin’ disitu ada ‘Ridho Allah.’

Berapa banyak orng yg akan membaca itu, merenungkan kata2nya, disimpan kata2nya, dipraktekkan kata2nya, bahkan mungkin menjadi ‘tersadar’ atas kekeliruan yg sedang diperbuatnya.

Anda bisa bayangkan bagaimana pahala yg akan didapat, Insya Allah bila kita melakukannya dgn ikhlas krn Allah atau utk menyenangkan hati sesama Muslim PASTI Allah Ridho.

Tapi bila yg kita lakukan justru membuat sakit hati orang lain, kita tau apa yg akan kita dapatkan. Apalagi yg kita lakukan suatu ‘Fitnah’, tulisan2 itu terus menyebar dishare kemana2 dan dibaca oleh para pengguna Facebook. Dan itu dipercayai oleh para pembacanya, berapa ratus pasang mata yg membaca itu, dan Na’uzu billah Minzalik yg dibaca itu suatu hal yg tidak benar. Bisakah kita membayangkan sudah berapa besar ‘Tabungan Dosa’ yg kita punya krn hal yg kita anggap sepele itu. ‘Fitnah’ tersebut terus sambung menyambung dan diinformasikan juga diluar FB. Dosa berantai itu menjadi milik kita terutama bagi penulisnya. Sangat menyeramkan, Dan Allah pasti murka karenanya.

Dalam satu riwayat Seorang Yahudi berpapasan dengan Nabi Saww..

orang itu berkata : “Assamu’alaika!” (“Celakalah engkau Muhammad!”).

Nabi pun menjawab: “Wa ‘alaika” (“Dan juga untukmu”).

Para sahabat Nabi berkata, “Sesungguhnya dia telah mengucapkan salam kematian kepada engkau “

Nabi Saw. berkata, “Aku telah menjawabnya dengan jawaban ‘demikian juga untukrnu’.”

Kemudian Nabi Saw. berkata lagi kepada para sahabatnya: “Sesungguhnya orang Yahudi itu akan digigit ular ditengkuknya, kemudian dia akan mati ”

Selang beberapa waktu, Yahudi itu berjalan sambil menbawa setumpuk kayu bakar. itu berarti bahwa dia tidaklah mati sebagaimana dikabarkan oleh Nabi.

Rasulullah Saww berkata kepadanya, “Letakkan kayu itu !”

Maka Yahudi pun meletakkan kayu bakar tersebut. Setelah dibuka, dalam kayu tersebut ternyata ada seekor ular sedang mengigit kayu.

Nabi Saww bersabda, “Hai Yahudi, amalan apa yang telah engkau lakukan hari ini?”

Orang Yahudi itu menjawab, “Aku tidak melakukan apa-apa, kecuali aku datang dengan membawa kayu bakar ini, dan aku mempunyai dua potong roti, yang satu potong aku makan, sedangkan yang satu potong lagi aku sedekahkan kepada orang miskin.’

Rasulullah Saw. kemudian bersabda, “Dengan sedekah itulah Allah menghindarkan kematian dari engkau.” Beliau juga bersabda, “Sesungguhnya sedekah dapat menolak kematian yang buruk dari manusia.”

Bisa diambil kesimpulan bahwa amal shaleh yang dilakukan dgn niat baik akan membawa berkah bahkan memanjangkan umur bagi sipelakunya. Dan begitupun untuk pelaku keburukan, apa yg akan kita dapatkan, mungkin juga akan berakibat pendeknya umur kita. Dengan sedekah ilmu yg kita punya, ilmu apapun itu yg penting tdk bertentangan dengan agama, sebarkanlah. Siapa tau hal tersebut yg akan menuntun anda kelak ke syurga-NYA.

Dan Berhati-hatilah dengan hati karena apabila ada yang terzholimi oleh ucapan-ucapan kita, maka doanya dikabul oleh Allah. Perkataan yg baik tentu akan meredakan kemarahan. Dan bagi yg dizholimi anggaplah itu sebagai ladang amal tanpa usaha. Kita tidak akan pernah bisa utk menyenangkan hati semua orang, sebab ketika kita berbuat baik sekalipun masih ada saja yg tidak senang. Imam Ali a.s prnh berkata ” Nilai setiap orang adalah perbuatan baik yang dilakukannya..”

Semua kita akan dituntut, Allah telah menghadirkan kita dibumi ini dengan keadaan suci, maka kelak Iapun akan menuntut dikembalikan dengan keadaan yg putih dan bersih.

Saudaraku…. untuk apa kita hidup, ya…tentu kita hidup untuk mendapat Ridho-NYA, Rosulullah Saww bersabda ; ” Nanti pd akhir jaman orng yg memegang agama itu, seperti memegang bara api “, bagaimana sulitnya dan sakitnya keadaan itu, jadi jangan pernah berharap mendapatkan keridhoan manusia, tapi berharaplah keridhoan dari-NYA.

Labih baik lagi bila kita bertanya pada diri sendiri, seperti sabda Rosulullah Saww
” Tanyakanlah pada hatimu karena hatimu adalah Hakim yang paling jujur..”

Wallahu a’lam bishawab,
Mohon maaf bila ada kata2 yg kurang berkenan, Afwan.

Belum Ada Tanggapan to “” Tabungan Dosa..””

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: