Fatimah12's Weblog
Just another WordPress.com weblog

Olah Rasa Melatih Kesabaran

 

Allah SWT berfirman : “Siap dan tenanglah(sabar) atas apapun yg menimpamu, karena itu menjadi kemestian orang hidup.”(QS.Luqman: 17)
Saudaraku untuk dapat bersabar dan menjadi penyabar yang disayang Allah SWT, kita harus melakukan olah rasa agar perasaan hendak melawan kejadian yang tidak kita harapkan itu dapat kita kendalikan sehingga tumbuh rasa menerima dan ridha, yaitu dgn keberanian untuk menelan yang pahit, yang getir, yang asam ataupun juga yang pedas sekalipun. Karena hal yang demikian itu merupakan kewajiban yang harus kita terima, sebagaimana firman Allah SWT dlm surat Luqman ayat 17 tersebut diatas.

Dengan kepandaian mengolah rasa akan menguatkan asa. Dengan menguatnya asa, semua yang pahit menjadi sirna dan tidak ada lagi yg dapat mengiris hati kita. Contohnya ialah :bila sekelompok orang ramai memeperbincangkan keburukan atau aib diri kita(gossip), setelah kita mendengar adanya gossip-gosip itu sebaiknya kita berhenti sejenak, kemudian merenung, mengingat-ingat apa yg mereka gosipkan itu. Tanyakan pada diri sendiri : “Apakah benar saya melakukan apa yang mereka gosipkan itu?”
Bila kenyataannya memang benar kita melakukan sebagian yang digosipkan dan sebagian lagi adalah tambahan fitnah, makagosip-gosip itu merupakan sebagian sanksi hukum atau hukuman yang dipercepat didunia. Insya Allah kelak diakhirat mendapat ampunan. Oleh karena itu kita tdk perlu bersedih atau marah, karena hal itu menguntungkan kita. Dari pada kita marah, membalas atau menyerang mereka, kita akan mendapat kesulitan dgn merambah bahaya, menambah kesulitan, dan kita akan menjadi pencela, pemaki, sama seperti mereka. Sedang sikap seperti itu sangat dibenci Allah SWT. Pahamilah firman Allah berikut ini : “ Celakalah bagi pemaki dan pencela “ (QS. Al-Humazah ayat 1)
Oleh karena itu lebih baik kita ridha, dgn ridha kita menjadi penyabar, karena Allah SWT sayang kpd orang yang penyabar. Biarlah dibenci banyak manusia, asal disayang pencipta manusia.

Bila yg digosipkan tentang kita itu tidak benar, fitnah semata, itu berarti kita mendapat pahala kebajikan atau pahala ibadah tanpa berbuat. Mendapatkan hasanat yg besar sebesar pahala umroh, tanpa berumroh, bahkan mungkin lebih besar lagi, tergantung apa yang digosipkan atau banyaknya yg digosipkan dan berapa besar sabar yang ridha dalam dada kita. Coba anda bayangkan betapa kita lelah dan letih melakukan umrah dengan tenaga dan biaya yang besar. Kini dengan hanya mengolah rasa, mengubah pola pikir, menekan nafsu, kemudian menyambung cita rasa kepada Allah SWT, kita akan menjadi tenang dan menerima kejadian pahit dengan lapang dada, dada yang bersih dari dendam dan benci. Dan hati kita tersenyum, wajah kita ceria, pahala bertambah. Allah SWT memandang dengan mata kasih, nikmat dalam hati rasanya, tenang……………Alhamdulillah.,

Belum Ada Tanggapan to “Olah Rasa Melatih Kesabaran”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: