Fatimah12's Weblog
Just another WordPress.com weblog

” Indah dan tenangnya dia…..”

 

“Apakah kamu tidak perhatikan bahwa sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit,maka diaturnya menjadi sumber2 air di bumi kemudian ditumbuhkan-Nya dg air itu tanam-tanaman yg bermacam-macam warna-warninya, lalu ia menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai, sesungguhnya pada yg demikian itu benar2 terdapat pelajaran bagi orang2 yg mempunyi akal. (QS. Az-zumar, 21)

Mari sama2 kita merenungkan perilaku2,dan sifat2 air , semoga dg ini kita semua dpt mengambil hikmah serta pelajaran…

Air adalah ‘makhluq’ juga seperti kita (manusia) yg diciptakan oleh Allah s.w.t, tuhan yg maha mencipta lagi maha memelihara, dan pada hakikatnya air juga sama saja seperti kita, yg sejatinya tidak di ciptakan kecuali hanya untuk selalu mengabdi sepenuhnya kepada kehendak Allah s.w.t yg tiada Tuhan melainkan DIA.

Selayaknya dimanapun kita berada harus selalu dapat memberikan manfaat terhadap orang lain lingkungan dan apa pun yg ada di sekitar kita, seperti air bila dia berada di mana pun maka selalu akan bermanfaat. Lihatlah air yg datang dari langit sebagai hujan yg memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan dibumi, begitu pula kita ,ketika berada di atas dalam artian berkelebihan materi, ilmu,atau menjadi pemimpin maka kita pun harus lebih bermanfaat bagi banyak orang…

Atau mungkin ketika kita berada di bawah maka kita selayaknya menjadi seperti sungai yang bergerak berjamaah, yg mengairi sawah-sawah/kebun.. seperti danau yg tenang,yg mengandung banyak ikan,yg memberi keseimbangan pada alam.

Atau intinya kita sebagai manusia seharusnya selalu dapat menjadi SOLUSI dimanapun, kapanpun , untuk siapapun. Meski kita hanya seperti setetes air namun jadikanlah diri kita lebih bermanfaat…
Dan dalam hal mencapai cita-cita yg mulia penting untuk kita berilmu,sabar,ulet dan tekun, Seperti mata air yg mencari ruang di celah-celah batu dan mengalir ke anak sungai lalu bergabung dalam barisan jamaah menuju muara,kemudian dikumpulkan dg jamaah yg lebih besar lagi di lautan untuk di pilih siapa yg layak di angkat kelangit..

Air itu mengalir dan tetap mengalir meski dihadang oleh apapun. Air mengalir tidak bisa dibendung, meski banyak bendungan, airnya tetap mengalir.

Air itu fleksibel di segala medan lokasi. Dia tidak pernah takut di keadaan apapun, dinamis.

Air itu kuat. Sekeras-kerasnya batu akan rusak oleh tetesan air. Dirubah dalam bentuk apapun, air tidak akan hilang. Misalnya dipanaskan akan menjadi uap tapi zatnya tidak hilang, didinginkan akan membeku tapi zatnya tidak akan hilang juga.

Air adalah unsur utama kehidupan. Jika tidak ada air maka tidak ada kehidupan. Sebagian besar makhluk hidup unsur utamanya adalah air.

Laksana air, seorang mampu berperan ganda dalam satu situasi. ia bersikap fleksibel dan akomodatif dengan tetap berpegang pada tradisi dan prinsip yang diembannya. ia mampu melakukan gerakan strategis, bahkan beradaptasi dalam keadaan apapun.

Apabila air dimasukkan pada gelas maka ia akan berbentuk gelas, bila dimasukkan ke dalam ember ia akan berbentuk ember, apabila ia dibelah dengan benda tajam, ia akan terputus sesaat dan cepat kembali ke bentuk aslinya. Dan, air selalu mengalir ke temapat yang lebih rendah. Apabila disumbat dan dibendung ia bisa bertahan, bergerak elastis mencari resapan.

Bila dibuatkan kanal ia mampu menghasilkan tenaga penggerak turbin listrik serta mampu mengairi sawah dan tanaman sehingga berguna bagi kehidupan makhluk di dunia.Bisa memberi manfaat kepada banyak orang tanpa pandang bulu. Tidak kaku seperti kayu, tetapi luwes mengikuti arah tujuan. Memiliki tujuan yang pasti, yaitu laut. Dari manapun datangnya air akhirnya ujung-ujungnya kelaut. Meskipun terhambat oleh bebatuan, pepohonan, tanah ataupun halangan lain, air tetap akan mencoba mengalir, menembus tanah untuk meneruskan perjalananya menuju laut. Air tidak pernah mogok kerja karena harus terbentur banyak masalah. Ia tetap akan terus mencoba mencari jalan meskipun berliku-liku untuk mengejar tujuannya.

Air juga mempunyai sifat focus, Tetesan air yang tertuju disatu titik, akan lebih cepat mengikis batu karang dibandingkan tetesan yang berpindah-pindah tempat. Begitu pula kita yang ingin sukses dalam kehidupan ini. Ingatlah untuk selalu fokus disatu tujuan, sehingga seberapa susahnya tujuan yang ingin kita raih, akhirnya dengan fokus, kita bisa menggapainya.

Jika kita amati kembali, selain fokus, air juga menetes terus menerus tanpa mengenal lelah. Jika ia hanya menetes sekali dua kali, akan sangat tidak mungkin dapat membuat batu karang itu terkikis. Air harus selalu menetes terus menerus tanpa berhenti. Disini ada pelajaran penting, yaitu seberapapun besar masalah yang kita hadapi, jika kita bisa fokus dan ulet untuk mengupasnya, niscaya akan terpecahkan juga masalah tersebut. Kita sering bertemu dengan orang yang ingin bisa dalam hal tertentu. Mereka mencoba belajar, tetapi setelah bertemu masalah mereka menyerah. Jika mereka mencoba belajar sampai ke 99 kali dan akhirnya menyerah, maka mereka tidak akan dapat mempelajari ilmu itu. Padahal jika sekali lagi ia belajar, barangkali di usaha yang ke 100 kali itulah permasalahan yang dihadapi akan terpecahkan. Jadi janganlah pernah menyerah untuk memcahkan.

sungguh masih akan sangat banyak sekali hal yg dapat kita pelajari dari air sebagai karunia-NYA , namun sesungguhnya apapun yg ada di alam semesta selagi kita mau merenunginya dan mentafakurinya,maka akan sangat banyak sekali hikmah dan pelajaran yg dapat menambah keimanan serta rasa syukur kita atas segala karunia yg ALLAH S.W.T. berikan.

Air bersifat mengalah, namun selalu tidak pernah kalah
Air memadamkan api dan membersihkan kotoran.
Kalau merasa sekiranya akan dikalahkan, air meloloskan diri
Dalam bentuk uap dan kembali mengembun.
Air merapuhkan besi sehingga hancur menjadi abu
Bilamana bertemu batu karang, dia akan berbelok
untuk kemudian meneruskan perjalanannya kembali.
Air membuat jernih udara sehingga angin menjadi mati
Air memberikan jalan pada hambatan dengan segala kerendahan hati.
Air selalu mencari tempat yang rendah tapi tetap berwibawa
Ia akan membentuk seperti tempat dimana ia berada, tapi tidak merubah sifat dirinya
Terkadang ia begitu lembut tapi terkadang ia juga bisa begitu sangat marah
Karena dia sadar bahwa tak ada suatu kekuatan apapun
Yang dapat mencegah perjalanannya menuju lautan.
Air menang dengan mengalah, dia tak pernah menyerang
Namun selalu menang pada akhir perjuangannya.

wa Allahu a’lam bi shawab.

Semoga Sukses Selalu
Mohon bimbingan….afwan.

Copas dari berbagai sumber dgn revisi.

Belum Ada Tanggapan to “” Indah dan tenangnya dia…..””

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: