Fatimah12's Weblog
Just another WordPress.com weblog

Ku Terkenang…

 

Siang itu kebetulan diajak mampir ke rumah salah satu famili, ia tinggal disebuah faviliun(kontrakan) yg sederhana. Tampak diruang tamu yg sangat minim tergelar permadani utk para tamu duduk. Ia seorang ustadz yg lumayan muridnya.

Tak sengaja mataku melihat pd satu kamar yg kebetulan terbuka pintunya, didalam kamar tersebut kulihat ada dua lemari Jati kaca jaman bahela yang isinya semua kitab dan buku-buku, bersih sekali rumah dan ruangan-ruangan dirumah beliau. Aku sangat terkesima melihat pemandangan ini. Entah mengapa….sebuah paviliun yg kecil, bersih dan rapi, tapi seperti mempunyai Aura tersendiri yg jarang bisa kurasakan. Emm…….memang bigini kali ya….rumah orng yg berilmu (pikirku), karena MUNGKIN seringnya malaikat turun naik utk mengembangkan sayapnya dirumah ini, karena seringnya rumah ini didatangi orng2 utk menimba ilmu.

Tak lama si Tuan rumah(sebut saja A) keluar….dan menyambut kami, sambutan hangat(ala orang Arab) dengan penuh kegembiraan beliau mempersilahkan kita2 duduk. Semua makanan yang ada dilemarinya dikeluarkan dan disuguhkan kpd kita2. Aku tau itu krn lemarinya ada diruang tamu….

Aku bingung juga ia tinggal sendiri tapi begitu banyak makanan yg ia sugguhkan utk kita, hatiku terus bertanya2 dan mulai FUDHUL(mau tau), dan akhirnyapun keluar juga nih pertanyaan “ Afwan Akhi….ana mau Tanya, ini makanan sebanyak ini antum sendiri yg buat…?? “

A menjawab : “ Ooo….bukan ukhti…, ini umi ana yang kirimin dan sebagian lagi murid2 ana..”

Emm….begitu rupanya kataku(dalam hati)

Tak lama kemudian datang seorang laki-laki, seperti ada keperluan dgn si A, krn rmhnya kecil jadi tumplek diruang tamu. Setelah beres urusan ia pamitan dan A segera membungkuskan makanan2 yg ada utk dibawa oleh laki-laki itu.

Aku heran juga, bukankah ia tinggal sendirian, tentu ia perlu makanan tapi kenapa makanan2 itu ia malah berikan ke orang lain.

Entah mengapa….A seperti mengetahui perkataan hatiku, seketika A langsung berkata begini : “ Kalau kita diberi oleh orang lain kita harus berterima kasih, caranya……’TERIMA’ ……’KASIH’…”

Aku terkejut ketika A menjelaskan itu padaku, sekaligus merenungkan perkataan2nya. Rupanya arti dari kata ‘TERIMA KASIH ‘ itu ialah agar kita bisa berbagi kpd sesama. Jadi tatkala kita menerima sesuatu hendaknyalah kita juga bisa memberikan itu pada orang lain. Emm….paham sekarang (kataku dlm hati) ini satu pelajaran buatku.

Lalu aku bertanya pada beliau, “ Akhi…itu semua yg ada dlm lemari kaca buku antum….? “

A menjawab : “ iya…., semua buku ana, ana dari pada ngobrol sama orang lebih baik ana bicara sama Al-Quran atau buku “

Waduh…!! pelajaran kedua(dalam hatiku), sungguh….aku banyak merenung dengan silahturahmi itu. Dan itu adalah pelajaran Spiritual yang aku ingat sampai sekarang, dan Insya Allah akan selalu ku ingat. Setiap aku menerima segala sesuatu, aku pasti teringat dengan pesan beliau tersebut, dan tentunya itu akan menjadi pahala untuknya,

Segala sesuatu yg kita niatkan untuk mendekatkan diri pada Allah, Insya Allah itu akan menjadi ladang amal untuk kita. Pahala akan terus mengalir tanpa kita sadari, sampai kita meninggal kelak.

Sungguh…itu pelajaran yg selalu kukenang dan masih ada kenangan lain yg tak bisa kuceritakan disini, yg membuatku kagum krn begitu pahamnya dia dengan segala perkataan dan pertanyaan yang ada dihati ini.

Kini beliau sudah berada pada sang Penciptanya, tengah tertidur pulas didalam perut bumi, dan kini… aku tengah mengenangnya……., semoga kenangan ini ada manfaatnya, amiin. Afwan….

Belum Ada Tanggapan to “Ku Terkenang…”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: