Fatimah12's Weblog
Just another WordPress.com weblog

” Nasehat Imam Ja’far Shadiq a.s tentang menundukkan pandangan” (pertama)

 

Tidak ada yg lebih menguntungkan dibanding menundukkan pandangan bagi seseorang, sebab penglihatan itu tidak ditundukkan dari segala hal yg dilarang Allah kecuali jika penyaksian akan keagungan dan kemulian itu telah sampai kedalam hati.

Amiril Mukminin Ali bin Abi thalib a.s ditanya tentang apa yg dapat membantu seseorang utk menundukkan pandangannya. Beliau berkata : “ Kepasrahan pada kekuasanNYA yg mengetahui segala rahasiamu. Mata adalah pancaran hati dan cerminan akal; karena itu tundukanlah pandangamu dari apapun yg tidak disukai oleh hatimu dan dari apapun yg dianggap oleh akalmu tidak patut.”

Nabi Saww berkata : “ Tundukanlah matamu dan kamu akan melihat keajaiban-keajaiban “

Allah SWT berfirman :

“ Katakanlah kpd kaum pria yg beriman, bahwa mereka hendaknya menundukkan pandangan matanya dan menjaga kehormatannya. “ (QS 24:30)

Nabi Isa a.s berkata kpd murid-muridnya, “Waspadalah untuk tidak melihat hal-hal yg dilarang,sebab itu merupakan benih nafsu dan menuntun kepada prilaku yg menyimpang “

Seorang bijak berkata : “ Aku lebih memilih kematian dari pada memandang sesuatu yg tidak perlu “

Setiap kali mata memandang sesuatu yg dilarang, sesimpul nafsu diikatkan pada hati orng tersebut, dan simpul itu hanya dapat dilepaskan melalui salah satu dari dua syarat ini : Dengan menangisi dan menyesalinya dalam taubat yg sungguh2, atau dengan memiliki apa yang dihasratkannya dan dilihatnya. Dan jika seseorang memilikinya dengan cara yg tidak adil, tanpa taubat, maka hal itu membawanya kepada Api (neraka). Sedangkan bagi orang yg bertaubat darinya dengan penuh kesedihan dan penyesalan, tempatnya adalah didalam taman syurga (rawdah al-Jannah) dan dia menjadi kesayangan Allah.

Belum Ada Tanggapan to “” Nasehat Imam Ja’far Shadiq a.s tentang menundukkan pandangan” (pertama)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: